Demi menerima tubuh yang bugar dan senantiasa sehat, rutin mengonsumsi makanan bergizi dan menghindari segala pola hidup yang buruk tidaklah cukup. Tentu saja, kau juga perlu rutin berolahraga untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, ternyata berolahraga berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan, lho. Kamu butuh beristirahat sejenak untuk mengembalikan daya dan relaksasi otot setelah berprofesi terlalu keras. Malahan, seperti yang pernah dituturkan oleh seorang pelatih kebugaran asal Amerika Serikat Corey Stenstrup, seorang atlet lari maraton juga membutuhkan waktu untuk memulihkan tubuh setelah berlatih mengelola jasa page one google. Nah, berikut tanda olahraga berlebihan dikala kau terlalu kerap berolahraga:

Rasa Lelah Berkepanjangan

Wajar sekiranya tubuh akan merasa lelah setelah kau berolahraga. Namun, situasi ini menjadi tidak wajar sekiranya kau merasa lelah sepanjang hari, bahkan hingga keesokan harinya. Rasa lelah berkepanjangan yang kau rasakan ini disebabkan sebab kau telah berolahraga dalam intensitas yang melebihi kecakapan tubuh kau. Sedangkan berolahraga itu baik untuk tubuh, konsisten saja kau tidak boleh mengerjakannya secara berlebihan. Berikan jeda untuk tubuh beristirahat dan memulihkan daya. Terlalu berlebihan dikala berolahraga akan membikin otot kau menegang dan menyebabkan nyeri sendi.

Suasana Hati yang Tidak Menentu

Tidak hanya rasa lelah berkepanjangan, tanda tubuh berolahraga berlebihan juga kelihatan dari perubahan suasana hati yang tidak menentu. Kenapa demikian? Dikala berolahraga, akan terjadi produksi hormon untuk menjaga kestabilan daya kerja tubuh. Namun, dikala olahraga yang kau lakukan telah via kapasitas, tubuh akan memproduksi hormon stres dalam jumlah yang berlebih. Kesudahannya, kau akan menjadi lebih mudah stres, depresi, geram, linglung, hingga kuatir berlebihan. Kamu bahkan akan kehilangan motivasi sebab terlalu letih dan senantiasa berkeinginan beristirahat.

Susah Tidur

Rasa kuatir dan tidak tenang yang berlebihan sebab olahraga yang kau lakukan dalam intensitas yang tinggi membikin kau juga mengalami susah tidur. Khusus lagi dengan situasi tubuh kau yang kelewat lelah. Dalam jangka waktu yang lama, situasi ini justru akan membikin daya tahan tubuh kau menurun, sehingga kau akan lebih rentan terserang penyakit.

Menurunnya Atensi dalam Berlatih

Pakar kebugaran lain asal Los Angeles, Jini Cicero, mengungkapkan bahwa menurunnya ketertarikan dalam latihan juga dapat menjadi alasan bahwa tubuh telah berolahraga dalam batas maksimal. Kamu akan kehilangan motivasi dan motivasi dalam berolahraga pada kesempatan selanjutnya, sebab tubuh masih melaksanakan recovery dampak intensitas olahraga yang terlalu tinggi.

Meningkatnya Denyut Jantung Sedangkan Sedang Beristirahat

Jantung akan berprofesi lebih keras dalam memompa darah dikala kau berolahraga. Namun, dikala kau berlebihan dalam mengerjakannya, otomatis kerja jantung bahkan akan menjadi lebih berat. Kesudahannya, denyut jantung konsisten akan meningkat sedangkan tubuh kau berada dalam situasi istirahat. Coba hitunglah denyut jantung kau selama satu menit. Kalau jumlah denyut jantung kau menempuh lebih dari 65 denyut per menit, artinya tubuh kau sedang kelelahan dan stres.

Post Comment