Seandainya Anda berdaya upaya Indonesia tak lebih menarik dari negara-negara di Eropa sana, cobalah berkunjung ke tanah Papua. Pulau paling timur Indonesia ini mempunyai segala estetika alam yang tak habis Anda jelajahi. Daratan dan alam bawah lautnya menjadi surga tersendiri bagi para penggemar wisata alam. Tidak hanya alamnya yang kaya, Papua juga menyimpan kearifan budaya lokal yang masih bertahan di zaman serba modern ini. Menjelajahi Papua tentunya akan menjadi sebuah pengalaman menarik yang dapat Anda ceritakan ke keluarga dan sahabat. Kunjungi Papua, jelalajahi kekayaan negeri sendiri. Seandainya masih keder seharusnya ke mana selama di sana nantinya, berikut rangkuman tempat wisata di Papua yang seharusnya dikunjungi:

6. Desa Seandainya Sauwandarek

Seandainya di Jurang Baliem Anda dapat berinteraksi dengan suku yang tinggal di pegunungan, di Desa Sauwandarek Papua Anda dapat bersua langsung dengan suku autentik yang hidup di pesisir. Desa Sauwandarek masih berada di wilayah Kabupaten Raja Ampat, tepatnya di Meos Mansar. Di sini, Anda dapat mengamati rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan beratapkan jerami.

Daerah wisata budaya Papua ini hanya ditempati sekitar 46 kepala keluarga. Perempuan-perempuan di sini biasa membikin topi dan tas dari daun pandan laut. Seandainya suka page one google hasil karya mereka ini, Anda dapat membelinya langsung di tempat. Di sini, Anda dapat menyelam dan snorkeling. Kecuali itu, Anda juga dapat trekking ke telaga unik yang ada di desa ini. Namanya Telaga Yenauwyau, dikatakan unik karena air di telaga ini air asin, bukan air tawar seperti kebanyakan air di telaga lain. Berdasarkan warga sekitar, di telaga ini ada penyu putih yang bila Anda memandangnya karenanya Anda akan mendapatkan keberuntungan.

7. Pantai Bosnik

Siapkan kamera Anda karena estetika pantai ini dapat membikin Anda tak stop mengambil gambarnya. Pantai Bosnik yang berada 15 km dari sentra kota Biak ini mempunyai hamparan pasir luas dengan air bening kebiruan dan deretan pohon kelapa yang menjadikannya sebagai pemandangan total untuk diabadikan dalam kamera Anda. Daerah wisata di Papua ini sesuai sekali untuk bersantai bersama keluarga. Dengan membayar 10.000 Rupiah saja, Anda telah dapat merasakan estetika pantai yang terletak di Desa Woniki ini. Kecuali bermain voli pantai di pasirnya yang landai, Anda juga dapat menyewa saung dengan harga 50.000 Rupiah dan merasakan es kelapa muda segar juga masakan setempat.

8. Pantai Amai

Pantai Amai Papua merupakan tempat wisata yang pas bagi Anda yang menginginkan ketenangan. Pantai ini memang relatif sepi, melainkan bukan berarti tak menarik. Di ujung pantai, ada muara sungai yang membikin air asin dan air tawar bersua di sini. Air tawar ini biasa diterapkan oleh pelancong untuk membilas diri setelah berenang di pantainya. Kecuali berenang, Anda juga dapat bermain voli pantai, menyelam, snorkeling atau bersantai di gazebo yang dapat Anda sewa dengan harga 50.000 Rupiah. Seandainya berharap menginap, di Pantai Amai telah tersedia penginapan dengan gaya rumah panggung.

Pantai Amai berada di Distrik Depapre atau sekitar 2 jam perjalanan dari Jayapura. Perjalanan menuju pantai akan menguji adrenalin Anda karena medan yang naik turun dan berkelok, melainkan semuanya akan terbayar dikala sampai dan menyaksikan estetika Pantai Amai. Untuk masuk ke tempat wisata Papua ini, Anda diwajibkan membayar sebesar 25.000 Rupiah yang telah termasuk tarif parkir.

9. Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon berada di Teluk Wondama atau 5 jam perjalanan dengan kapal dari Manokwari. Pulau ini mempunyai pantai yang disebut dengan Pantai Pasir Panjang karena memang garis pantainya amat panjang mencapai 6 km. Di tempat wisata Papua ini, Anda dapat menjalankan aktivitas andalan seperti menyelam, snorkeling, berenang dan memancing. Seandainya berharap pengalaman berbeda, cobalah mengunjungi hutan bakau yang ada di pesisir lain di pulau ini. Anda juga dapat ke padang alang-alang untuk mengamati burung rusa di sini.

10. Tugu MacArthur

Tugu MacArthur merupakan tugu penghormatan bagi Jenderal Douglas MacArthur yang merupakan jenderal besar Amerika Serikat pada masa Perang Dunia II. Tugu ini berada di Ifar Gunung, Jayapura. Di sini, Anda dapat masuk ke museum, mengamati foto-foto dan sejarah perjalanan militer Jenderal MacArthur. Daerah wisata di Papua ini menjadi saksi kejayaan jenderal besar yang membikin taktik sebagian perang besar. Berada di ketinggian 325 meter di atas laut, Anda dapat mengamati Danau Sentani dan lapangan terbang Dia Sentani dari sini.

Tugu MacArthur sendiri merupakan sebuah tugu dengan tinggi 3 meter yang didominasi warna kuning dan hitam. Di tugu ini tertulis sejarah mengenai Jenderal Douglas MacArthur dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Sekilas tentang MacArthur, jenderal ini diketahui dengan ucapannya, ‘I came through and I shall return’. Sesudah mengatakan ini dikala pangkalan militernya di Filipina dihancurkan oleh Jepang dan dia beserta pasukannya terpaksa mundur ke Australia. menyusun taktik perang, pada tahun 1944 ia mendarat di Teluk Hamadi, Jayapura, Papua dan membangun markas di lokasi Tugu MacArthur berada dikala ini. Sang Jenderal menggambarkan ucapannya karena kemudian ia dan pasukannya sukses menyingkirkan Jepang dan membalas kekalahan Amerika di Filipina dan di Pearl Harbour.

Post Comment